Lagu Roman Picisan Bukan Lagi Soal Kisah Cinta

 

Dirilis pada tahun 2000 oleh Dewa 19, ‘Roman Picisan’ yang bercerita tentang seseorang yang mencintai orang lain namun tidak dapat memilikinya. Namun kini drama cinta di dalamnya berganti menjadi drama perebutan royalty.

Sumber: google

Drama ini bermula dari Once yang membawakan lagu Roman Picisan tanpa Ahmad Dani dan Dewa 19 saat Pesta Rakyat 30 Taun Berkarya Dewa 19 di Jakarta Internasional Stadium (JIS). Tak tanggung-tanggung, Ahmad Dhani bahkan memberikan somasi dan siap menempuh jalur hukum. Seperti yang diketahui bahwa beberapa bulan mendatang Dewa 19 akan mengadakan konser-konser lainnya. Tentu saja dengan set list andalan mereka seperti Roman Picisan, Kangen, Risalah Hati, Arjuna Mencari Cinta, dan lainnya.

Fakta mengejutkan bahwa ternyata Once Mekel yang sudah bukan lagi bagian dari Dewa 19 ini diketahui masih sering membawakan lagu-lagu tersebut secara pribadi. Padahal Dewa 19 juga sedang melakukan tur. Hal ini yang kerap membuat Ahmad Dhani tidak nyaman.

“Saya menjaga marwah Dewa, juga menjaga kemurnian dari konser-konser Dewa yang akan kita adakan setelah lebaan seminggu dua kali,” ucapnya saat itu.

Namun Tur Dewa bukan menjadi hal yang membuat Ahmad Dhani marah. Namun karena Once Mekel yang diklaim tidak mau membayar royalti ketika membawakan lagu-lagu tersebut secara personal. Puncaknya terjadi saat konferensi pers beberapa waktu lalu di mana Ahmad Dhani memberi somasi ke Once Mekel bahwa Once dilarang membwakan lagu-lagu Dewa 19 sampai Tur Dewa tahun ini selesai. Jika Once tidak menggubris perkataan ini, Ahmad Dhani dan kuasa hukumnya tidak segan membawa kasus ini ke jalur hukum karena dinilai sudah melanggar Hak Cipta.

Berbeda dari Ahmad Dhani, Once dan kuasa hukumnya justru merasa bahwa hal ini bukanlah masalah hukum. Mereka juga menyebutkan bahwa Ahmad Dhani hanya mencari sensasi saja. Dengan rasa sakit hati, Once akhirnya memutuskan untuk tidak lagi membawakan lagu Dewa 19 kecuali satu yang ia co-write, judulnya Cemburu.

“Biar fans-fans saya senang,” katanya. Once juga menjelaskan bahwa jika ia hanya membawakan lagu Dewa 19 paling banyak sebanyak tiga lagu.

Perbedaan ini karena Ahmad Dhani dan Once memiliki pandangan hukum yang berbeda. Once dan kuasa hukumnya mengacu pada Pasal 87 UU Hak Cipta juncto Pasal 10 Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Royalti Hak Cipta Lagu  dan/Musik di mana Once sebagai performers hanya membayar royalti ke Lembaga Manajemen Kolektif Negara. Sedangkan kubu Ahmad Dhani menyebutkan bahwa ini jelas tindakan pidana, mengacu pada Pasal 113 UU Hak Cipta di mana performers harus membayar royalti ke pemegang hak cipta yaitu Ahmad Dhani sendiri. Maka dari itu dari pihak Once ataupun Ahmad Dhani sedang membicarakan masalah ini untuk mencari jalan tengahnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berada di Kawasan Pecinan di Bandung, Inilah Vihara Satya Budi

Klenteng Boen Tek Bio dan Tragedi 1998

Minggir-minggir, Game Ini Buat Orang PDKT Bukan Kaum Nolep